Search

Memuat...

Selasa, 04 Oktober 2011

Perangkat Masukan

• Keyboard
   Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. Typewriter key
2. Numeric key
3. Function key
4. Special function key.

1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :

• Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor

• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.

• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor

• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.

• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja

• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.

• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar

• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.

• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas

• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah

• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.

2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.

3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.

4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
gambar-211.jpg  

• Mouse 
    Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.

mouse










• Touch Screen
    Touchscreen (layar sentuh) adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputer dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.

    Layar sentuh banyak digunakan dalam industri manufaktur yang membutuhkan tingkat akurasi, sensivitas terhadap sentuhan, dan durabilitas yang sangat tinggi. Namun perangkat layar sentuh semakin lama semakin dapat ditemukan dalam perangkat-perangkat teknologi konsumen yang diproduksi secara massal, seperti pada komputer jinjing, pemutar musik seperti iPod Touch, dan telepon genggam seperti iPhone atau Blackberry Storm. Hal ini dimungkinkan karena perangkat layar sentuh dapat dibuat dalam berbagai ukuran tampilan.

    Layar sentuh sering dipakai pada kios informasi di tempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistem layar sentuh tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan dan ada juga kit touchscreen yang lebih ekonomis yang dapat dipasang pada monitor yang sudah ada.



• Light Pen
    Light Pen (Pena Cahaya) adalah peranti masukan komputer dalam bentuk pena yang digunakan bersamaan dengan perangkat komputer CRT TV atau monitor. Hal ini memungkinkan pengguna menunjuk objek yang ditampilkan, atau menggambar pada layar, mirip dengan laya sentuh tetapi dengan keakurasian posisi lebih tinggi.

• Touch Pad
    Peranti penunujuk yang berupa tempat datar guna menggeser pointer, dengan cara menggeserkan tangan di atasnya. Dan untuk melakukan klik biasanya dilakukan dengan mengetuk touchpad.

• Barcode
    Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

• Digitizing Tablet
   Merupakan salah satu piranti digitizer yang dapat mengkonversi gambar atau foto menjadi data digital. Peranti ini berbentuk seperti papan plastik elektronik yang dilengkapi dengan mouse atau pena elektronik. Tablet akan dapat mengkonversikan gerakan tangan pemakai menjadi signal digital masukan bagi computer.

• Joystick
   Alat yang biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

• Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
    Dipergunakan untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yang dicetak dengan tinta khusus. Tinta ini kemudian dimagnetisai oleh peranti MICR, sehingga informasi magnetisnya dapat dibaca dan diterjemahkan menjadi sinyal digital. Tinta magnetis hanya dapat dicetak menggunakan printer laser.MICR biasa digunakan pada cek bank, dengan bagian bawah sering kali terdiri atas karakter dengan bentuk khusus yang berupa nomer cek,nomer pengurutan dan nomer account pemiliknya.

• Optical Mark Reader (OMR)
    Adalah peranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh komputer. Peranti ini membaca masukan dengan batuan refleksi optis, dengan mengenali ketebalan tulisan.Contoh pemanfaatnnya adalah pada tes-tes penerimaan mahasiswa baru.

    Keuntungan pemanfaatan OMR selain dalam kecepatan memproses juga dalam ketelitian karena terhindar dari kesalahan manusia dalam mengoreksi.

• Scanner
   Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.

    Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

• Magnetic Reader
    Sebuah kartu strip magnetik adalah jenis kartu yang mampu menyimpan data yang dengan memodifikasi magnet dari kecil berbasis besi partikel magnetik pada pita magnetik pada bahan kartu. Garis magnetik, kadang-kadang disebut kartu gesek atau magstripe, dibaca oleh kontak fisik dan menggesekkan melewati kepala membaca magnetik . Diciptakan oleh IBM pada tahun 1960 di bawah kontrak dengan pemerintah AS untuk sistem keamanan, sejumlah Organisasi Internasional untuk Standardisasi standar, ISO / IEC 7810 , ISO / IEC 7811 , ISO / IEC 7812 , ISO / IEC 7813 , ISO 8583 , dan ISO / IEC 4909 , sekarang mendefinisikan sifat fisik kartu, termasuk ukuran, fleksibilitas, lokasi, karakteristik magnetik magstripe, dan format data. Mereka juga menyediakan standar untuk kartu keuangan, termasuk alokasi rentang nomor kartu ke kartu yang berbeda mengeluarkan lembaga. Isi 1 Garis magnetik 2 koersivitas Magnetic stripe 3 Keuangan kartu 4 Amerika Serikat pengemudi lisensi 5 jenis kartu lainnya 6 Lihat juga 7 Catatan 8 Pranala luar Garis magnetik Proses melampirkan strip magnetik ke kartu plastik diciptakan oleh IBM pada tahun 1960 di bawah kontrak dengan pemerintah AS untuk sistem keamanan. Forrest Parry , Engineer IBM, memiliki ide mengamankan sepotong pita magnetik, penyimpanan dominan menengah pada waktu itu, untuk basis kartu plastik. Dia menjadi frustrasi karena perekat setiap dia mencoba hasilnya tidak dapat diterima yang dihasilkan. Strip pita baik melengkung atau karakteristik yang dipengaruhi oleh perekat, pita strip render tidak dapat digunakan. Setelah hari frustrasi di laboratorium, mencoba untuk mendapatkan perekat yang tepat, dia pulang dengan beberapa potong pita magnetik dan beberapa kartu plastik. Saat ia berjalan di pintu di rumah, istrinya Dorothea menyetrika dan menonton TV. Dia segera melihat rasa frustrasi di wajahnya dan bertanya apa yang salah. Dia menjelaskan sumber frustrasi: ketidakmampuan untuk mendapatkan rekaman tersebut untuk "tongkat" untuk plastik dalam cara yang akan bekerja. Dia berkata, "Sini, biar aku coba besi." Dia dan masalah itu terpecahkan. Panas dari besi itu hanya cukup tinggi untuk rekaman obligasi ke kartu. Ada sejumlah langkah yang diperlukan untuk mengkonversi media magnetik bergaris menjadi sebuah perangkat yang dapat diterima industri. Langkah-langkah ini meliputi: 1) Menciptakan standar internasional untuk konten garis catatan, termasuk yang informasi, dalam format apa, dan menggunakan kode yang menentukan. 2) Bidang pengujian perangkat yang diusulkan dan standar untuk penerimaan pasar. 3) Mengembangkan manufaktur langkah yang diperlukan untuk memproduksi massal sejumlah besar kartu diperlukan. 4) Menambahkan masalah garis dan kemampuan penerimaan untuk peralatan yang tersedia. Langkah-langkah ini awalnya dikelola oleh Jerome Svigals Divisi Advanced Systems IBM, Los Gatos, California 1966-1975. Dalam kartu strip magnetik paling, garis magnetik terkandung dalam film seperti plastik. Garis magnetik terletak 0,223 inci (5,56 mm) dari tepi kartu, dan 0,375 inci (9,52 mm) lebar. Garis magnetik berisi tiga lagu, masing-masing 0,110 inci (2,79 mm) lebar. Trek satu dan tiga biasanya dicatat pada 210 bit per inci (8,27 bit per mm), sementara jalur dua biasanya memiliki kepadatan rekaman 75 bit per inci (2,95 bit per mm). Setiap lagu dapat mengandung 7-bit karakter alfanumerik, atau 5-bit karakter numerik. Lagu 1 standar yang diciptakan oleh industri penerbangan (IATA) . Track 2 standar yang diciptakan oleh industri perbankan (ABA) . Track 3 standar yang diciptakan oleh industri Thrift-Tabungan. Magstripes berikut ini spesifikasi biasanya dapat dibaca oleh sebagian point-of-sale hardware, yang hanya untuk keperluan umum komputer yang dapat diprogram untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Contoh kartu mengikuti standar ini termasuk kartu ATM , kartu bank (kartu kredit dan debet termasuk VISA dan MasterCard ), kartu hadiah , kartu loyalitas , SIM , kartu telepon , kartu anggota , kartu transfer elektronik manfaat (misalnya kupon makanan ), dan hampir aplikasi apapun di mana nilai atau mengamankan informasi tidak disimpan pada kartu itu sendiri. Banyak video game dan hiburan pusat sekarang menggunakan sistem kartu debet berdasarkan kartu strip magnetik. Kloning strip magnetik dapat dideteksi oleh pelaksanaan kepala pembaca kartu magnetik dan firmware yang dapat membaca tanda tangan kebisingan magnet permanen tertanam dalam semua garis-garis magnetik selama proses produksi kartu. Tanda tangan ini dapat digunakan bersama dengan dua skema umum faktor otentikasi yang digunakan di ATM, debit / eceran point-of-sale dan aplikasi kartu prabayar. Tandingan kartu yang sengaja mengabaikan standar ISO termasuk kartu kunci hotel, kebanyakan kereta bawah tanah dan bus kartu, dan beberapa kartu panggil prabayar nasional (seperti untuk negara Siprus ) di mana keseimbangan disimpan dan dipelihara secara langsung pada garis dan tidak diambil dari remote database. koersivitas Magnetic stripe Magstripes datang dalam dua varietas utama: tinggi koersivitas (HiCo) pada 4000 Oe dan rendah koersivitas (LoCo) pada 300 Oe tetapi tidak jarang memiliki nilai menengah pada 2750 Oe. Tinggi-koersivitas magstripes lebih sulit untuk menghapus, dan oleh karena itu cocok untuk kartu yang sering digunakan atau yang perlu untuk memiliki hidup yang panjang. Rendah-koersivitas magstripes membutuhkan jumlah yang lebih rendah dari energi magnetik untuk merekam, dan karenanya para penulis kartu jauh lebih murah daripada mesin yang mampu merekam magstripes koersivitas tinggi. Sebuah card reader dapat membaca kedua jenis magstripe, dan penulis kartu tinggi-koersivitas dapat menulis baik tinggi dan rendah koersivitas kartu-(sebagian besar memiliki dua pengaturan, tetapi menulis kartu LoCo di HiCo terkadang dapat bekerja), sementara kartu koersivitas rendah penulis dapat menulis hanya kartu koersivitas rendah. Dalam istilah praktis, biasanya garis-garis magnetik rendah koersivitas warna cokelat muda, dan garis-garis koersivitas tinggi hampir hitam; pengecualian termasuk formulasi berwarna perak transparan berpemilik di American Express kartu. Garis koersivitas tinggi tahan terhadap kerusakan dari magnet paling mungkin dimiliki oleh konsumen. Garis koersivitas rendah mudah rusak oleh bahkan kontak singkat dengan tali tas magnetik atau pengikat. Karena itu, hampir kartu bank saat ini semua dikodekan pada garis-garis koersivitas tinggi meskipun biaya per unit yang sedikit lebih tinggi. Kartu strip magnetik digunakan dalam volume sangat tinggi di sektor transportasi massal, menggantikan tiket berbasis kertas dengan baik magnetik secara langsung diterapkan bubur atau stripe foil panas. Bubur diterapkan garis umumnya lebih murah untuk memproduksi dan kurang tangguh, tetapi yang cocok untuk kartu dimaksudkan untuk menjadi dibuang setelah beberapa menggunakan. [ sunting ] kartu Keuangan Artikel utama: ISO / IEC 7813 Ada yang sampai tiga lagu pada kartu magnetik yang digunakan untuk transaksi keuangan, yang dikenal sebagai trek 1, 2 dan 3. Track 3 hampir tidak digunakan oleh jaringan di seluruh dunia utama seperti VISA , dan sering tidak bahkan secara fisik hadir pada kartu berdasarkan garis magnetik sempit. Point-of-sale pembaca kartu hampir selalu membaca track 1, atau track 2, dan kadang-kadang baik, dalam satu kasus track terbaca. Account informasi pemegang kartu minimum yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi hadir pada kedua trek. Track 1 memiliki kepadatan sedikit lebih tinggi (210 bit per inci vs 75), adalah lagu-satunya yang mungkin berisi teks abjad, dan karenanya adalah jalur satunya yang berisi nama pemegang kartu. Track 1 adalah ditulis dengan kode yang dikenal sebagai Desember SIXBIT ditambah aneh paritas . Informasi di jalur 1 pada kartu keuangan yang terkandung dalam beberapa format: A, yang dicadangkan untuk digunakan milik penerbit kartu, B, yang dijelaskan di bawah ini, CM, yang dicadangkan untuk digunakan oleh ANSI Sub-komite X3B10 dan Selandia Baru, yang tersedia untuk digunakan oleh penerbit kartu masing-masing: Track 1, Format B: Mulai sentinel - satu karakter (biasanya '%') Format kode = "B" - satu karakter (alpha saja) Account utama nomor (PAN) - sampai 19 karakter. Biasanya, tetapi tidak selalu, sesuai dengan nomor kartu kredit yang tercetak pada bagian depan kartu. Bidang Pemisah - satu karakter (biasanya '^') Nama - dua sampai 26 karakter Bidang Pemisah - satu karakter (biasanya '^') Tanggal kedaluwarsa - empat karakter dalam bentuk YYMM. Layanan kode - tiga karakter Data Discretionary - mungkin termasuk Pin Verifikasi Indikator Kunci (PVKI, 1 karakter), PIN Verifikasi Nilai (PVV, 4 karakter), Nilai atau Kartu Kartu Verifikasi Kode Verifikasi (CVV atau CVC, 3 karakter) Akhir sentinel - satu karakter (biasanya '?') Cek redundansi longitudinal ( LRC ) - itu adalah salah satu karakter dan karakter validitas dihitung dari data lain di trek. Perangkat pembaca paling tidak mengembalikan nilai ini ketika kartu digesek ke lapisan presentasi, dan menggunakannya hanya untuk memverifikasi input internal untuk pembaca. Track 2: Format ini dikembangkan oleh industri perbankan (ABA). Lagu ini ditulis dengan skema 5-bit (4 bit data + 1 paritas), yang memungkinkan untuk enam belas karakter mungkin, yang adalah nomor 0-9, ditambah enam karakter : ; < = > ? . Pemilihan enam simbol tanda baca mungkin tampak aneh, namun kenyataannya hanya enam belas kode peta ke ASCII 0x30 0x3f kisaran melalui, yang mendefinisikan sepuluh karakter angka ditambah enam simbol mereka. Format data adalah sebagai berikut: Mulai sentinel - satu karakter (biasanya ';') Account utama nomor (PAN) - sampai 19 karakter. Biasanya, tetapi tidak selalu, sesuai dengan nomor kartu kredit yang tercetak pada bagian depan kartu. Separator - satu char (umumnya '=') Tanggal kedaluwarsa - empat karakter dalam bentuk YYMM. Layanan kode - tiga digit. Angka pertama menetapkan aturan pertukaran, yang kedua menentukan otorisasi pengolahan dan ketiga menentukan berbagai layanan Discretionary data - seperti dalam lagu satu Akhir sentinel - satu karakter (biasanya '?') Cek redundansi longitudinal ( LRC ) - itu adalah salah satu karakter dan karakter validitas dihitung dari data lain di trek. Perangkat pembaca paling tidak mengembalikan nilai ini ketika kartu digesek ke lapisan presentasi, dan menggunakannya hanya untuk memverifikasi input internal untuk pembaca. Layanan kode nilai-nilai bersama dalam kartu keuangan: Digit pertama 1: Internasional pertukaran OK 2: Internasional pertukaran, gunakan IC (chip) di mana layak 5: pertukaran Nasional hanya kecuali berdasarkan perjanjian bilateral 6: pertukaran Nasional hanya kecuali dalam perjanjian bilateral, menggunakan IC (chip) di mana layak 7: Tidak ada pertukaran kecuali dalam perjanjian bilateral (loop tertutup) 9: Uji Digit kedua 0: Normal 2: Hubungi penerbit melalui online berarti 4: Hubungi penerbit melalui online berarti kecuali berdasarkan perjanjian bilateral Ketiga digit 0: Tidak ada pembatasan, PIN diperlukan 1: Tidak ada pembatasan 2: Barang dan jasa saja (uang tunai) 3: ATM saja, PIN diperlukan 4: Kas hanya 5: Barang dan jasa saja (uang tunai), PIN diperlukan 6: Tidak ada pembatasan, menggunakan PIN mana layak 7: Barang dan jasa saja (uang tunai), menggunakan PIN mana layak Semua nilai tidak secara eksplisit disebutkan di atas yang dicadangkan untuk penggunaan masa depan Catatan: Hal ini dimungkinkan untuk strip ini harus benar-benar terhapus jika dibawa dekat dengan kekuatan tinggi magnet Neodymium Encoders komersial mungkin gunakan '~' untuk sentinel Mulai, ';' untuk pemisah. Contoh Kode: '~ #; data? " lisensi Amerika Serikat pengemudi Data yang tersimpan pada strip magnetik pada SIM Amerika ditentukan oleh American Association of Administrator Kendaraan Bermotor . Tidak semua negara menggunakan strip magnetik pada SIM mereka. Untuk daftar dari mereka yang melakukannya, lihat daftar AAMVA dari Teknologi Lisensi AS . Situs AAMVA juga berisi daftar yurisdiksi Kanada yang menggunakan garis-garis magnetik pada SIM mereka. Data berikut ini disimpan di trek 1 : Mulai Sentinel - satu karakter (biasanya '%') Negara atau Provinsi - dua karakter Kota - variabel panjang (tampaknya max keluar pada 13 karakter) Bidang Pemisah - satu karakter (biasanya '^') (absen jika kota mencapai panjang maks) Nama terakhir - panjang variabel Bidang Pemisah - satu karakter (biasanya '$') Nama Pertama - panjang variabel Bidang Pemisah - satu karakter (biasanya '$') Nama Tengah - panjang variabel Bidang Pemisah - satu karakter (biasanya '^') Alamat Rumah (nomor rumah dan jalan) - panjang variabel Bidang Pemisah - satu karakter (biasanya '^') Tidak diketahui - panjang variabel Akhir Sentinel - satu karakter (biasanya '?') Data berikut ini disimpan di trek 2: ISO Emiten Identifier Number (IIN) - 6 digit Driver License / Identification Number - 13 digit Bidang Pemisah - umumnya '=' Tanggal Kadaluarsa (YYMM) - 4 digit Tanggal lahir (YYYYMMDD) - 8 digit DL / ID # meluap - 5 digit (Jika tidak ada informasi yang digunakan maka pemisah field yang digunakan dalam bidang ini.) Akhir Sentinel - satu karakter ('?') Data berikut ini disimpan di trek 3: Template V # Keamanan V # Kode Pos Kelas Pembatasan Dukungan Seks Tinggi Berat badan Warna Rambut Warna Mata ID # Dilindungi Ruang Koreksi Kesalahan Keamanan Catatan: Setiap negara memiliki pilihan yang berbeda informasi yang mereka mengkodekan, tidak semua negara adalah sama. Catatan: Beberapa negara, seperti Texas, memiliki hukum yang membatasi lisensi driver yang digesek dalam keadaan tertentu. jenis kartu lainnya Smart card adalah generasi baru dari kartu yang berisi integrated circuit chip. Kartu ini mungkin memiliki kontak logam menghubungkan kartu fisik untuk pembaca, sedangkan kartu contactless menggunakan medan magnet atau frekuensi radio ( RFID ) untuk membaca kedekatan. Kartu pintar hibrida termasuk strip magnetik selain chip - ini paling sering ditemukan dalam pembayaran kartu , sehingga kartu juga kompatibel dengan terminal pembayaran yang tidak termasuk pembaca kartu pintar. Kartu dengan semua tiga fitur: strip magnetik, chip smart card, dan chip RFID juga menjadi umum sebagai kegiatan yang lebih memerlukan penggunaan kartu tersebut

• Smart Card
   Merupakan suatu sistem pengenal (identification) administrasi yang terintegrasi dalam menjalankan suatu proses administrasi dan manajerial dalam suatu organisasi. Integrasi pengelolaan bertujuan untuk kemudahan kontrol, efiensi kegiatan dan minimalisasi biaya yang diperlukan.

    Saat ini, umumnya sekolah menggunakan sistem multi kartu dalam pengelolaan kegiatan akademik dan administrasinya. Setiap siswa memiliki kartu sejumlah fungsi/aktivitas sekolah, mulai dari kartu OSIS, kartu ujian, kartu perpustakaan, kartu laboratorium, kartu pembayaran SPP, dan lainnya. Hal ini tentunya menyebabkan tidak praktisnya pengelolaan, sulitnya proses evaluasi bagi orang tua/guru, munculnya berbagai biaya dan sistem yang cenderung tidak terintegrasi antara satu informasi dengan informasi lainnya.

    Untuk mengefisienkan pengelolaan sistem administrasi dan akademik sekolah, diperlukan suatu sistem pengenal yang unik bagi setiap siswa yang mampu diintegrasikan dengan seluruh sistem data base yang ada. Salah satu alternatif teknologi yang mampu mengakomodasi kriteria tersebut adalah sistem Kartu cerdas pengenal siswa (Smart Card™) . Setiap siswa akan memiliki satu buah ID card dengan pengenal unik dan akan sekaligus menjadi kartu multi fungsi (kartu OSIS, kartu ujian, kartu perpustakaan, kartu laboratorium, kartu pembayaran SPP, kartu member , kartu diskon, dan lainnya).

• Biometrik
    Biometrik adalah Pengenalan atau identifikasi dengan menggunakan faktor fisik manusia sebagai masukan data. Contonya seperti suara, tanda tangan, sidik jari, muka, mata dll. Pemasukan dilakukan dengan menggunakan suatu pola entitas yang terdefinisi dan dapat diidentifikasi melalui ciri2 (feature) tertentu yang kemudian digunakan untuk membedakan satu dengan yang lain.

• Kamera Digital
    Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

Referensi: http://penjual-mimpi.blogspot.com/2011/01/perangkat-keras-masukan-input.html
                http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-hardware-perangkat-keras-komputer/
                http://www.sekolah-kita.net/smartcard.php
                http://en.wikipedia.org/wiki/Magnetic_stripe_card 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Gunakanlah kata-kata yang bijak...